Hukum Bacaan Mad - Jejak Mufassir

Hukum Bacaan Mad

Hukum Bacaan Mad

Apakah yang dimaksud dengan hukum bacaan mad? Hukum bacaan mad merupakan hukum tajwid yang berarti memanjangkan bunyi bacaan. Hukum mad yakni hukum membaca dengan suara bacaan panjang manakala terdapat huruf hijaiyyah yang hidup bertemu dengan huruf mad, yakni hamzah ataupun sukun.
Hukum Bacaan Mad

Macam-Macam Mad

Bacaan mad terbagi menjadi mad thobi’i dan mad far’i. Hukum bacaan mad yang dibaca 2 harakat adalah mad thobi’i atau mad asli.

Mad Thobi’i

Mad thobi'i atau mad asli berarti memanjangkan suatu bacaan dengan sebab adanya huruf mad dan tidak ada alasan untuk merubah keasliannya. Tolak ukur panjang bacaan pada mad thobi'i yakni dua harakat atau ketukan. Adapun huruf asli mad thobi'i yakni ا , و , ي.

Ketetapan bacaannya yakni, manakala huruf hijaiyah fathah berjumpa dengan alif, maka cara bacanya dengan dua harakat. Lalu manakala huruf hijaiyah dengan harakat kasroh berjumpa dengan ya' sukun, maka bacanya dengan cara dipanjangkan dua harakat. Adapun jika huruf hijaiyah berjumpa dengan harakat dhommah berjumpa dengan huruf waw sukun, maka hukumnya yakni mad thobi'i yang dibaca dengan dua harakat.

Mad Far’i

Berikutnya yakni hukum bacaan mad far’i. Mad far’i memiliki arti mad yang bercabang. Dinamai demikian dikarenakan dalam mad far’i terdapat 14 cabang bacaan mad lainnya.

Mad far'i apabila berjumpa dengan hamzah ada empat macam yakni, mad wajib muttasil, mad jaiz munfasil, mad silah thowilah, dan mad badal.

Adapun manakala mad far'i berjumpa dengan tanda sukun dikategorikan menjadi enam macam mad yakni, mad 'aridh lissukun, mad lin, mad iwadh, mad tamkin, mad farq, serta mad lazim.

Tidak terhenti sampai di situ, mad lazim masih dapat dikategorikan menjadi empat macam yakni, mad lazim mutsaqqol kilmi, mad lazim mukhoffaf kilmi, mad lazim mutsaqqol harfi, dan mad lazim mukhoffaf harfi.

Contoh Hukum Bacaan Mad

Sebagai contoh yakni ayat yang berbunyi:

عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ

Hukum bacaan mad yang terdapat pada ayat tersebut adalah hukum mad asli atau mad thobi’i. Di mana huruf mim berharakat fathah bertemu dengan alif dan juga pada lafal al-insan di mana huruf sin berharakat fathah bertemu dengan alif. Keduanya merupakan contoh bacaan mad.

Khusus mad lazim mukhaffaf kilmi hanya ada pada dua tempat. Hal ini dikarenakan mad lazim mukhaffaf kilmi hanya terjadi manakala mad thobi’i berjumpa dengan sukun di dalam satu kalimat. Hukum bacaan ini cuma termuat di dalam kedua ayat berikut:

1. Surat Yunus ayat 51

اٰۤلْـٰٔنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهٖ تَسْتَعْجِلُوْنَ

2. Surat Yunus ayat 91

اٰۤلْـٰٔنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِيْنَ

Kedua lafal اٰۤلْـٰٔنَ dapat dibaca sebagai berikut: Aaaaaal aana.

Kesimpulan Hukum Bacaan Mad

Hukum mad dalam ilmu tajwid berarti memanjangkan bacaan. Hukum mad terjadi manakala terdapat huruf hijaiyyah yang hidup bertemu dengan huruf mad, baik itu hamzah maupun sukun. Hukum mad terbagi menjadi mad thobi’i dan mad mad far’i.

Mad thobi’i berarti mad yang asli yang tidak ada alasan untuk merubah keasliannya. Mad thobi’i yakni mad yang dibaca dua harakat dan terjadi manakala huruf hijaiyyah hidup berharakat bertemu dengan salah satu huruf ي ا, و. Mad far’i memiliki makna mad yang bercabang. Mad far’i terdapat 14 cabang mad tambahan sebagaimana telah dijelaskan pada postingan ini. Adapun contoh bacaan mad sangat banyak tertera di dalam al-Quran.

Belajar Ilmu Tajwid Bersama Jejak Mufassir

💻 Pengantar Ilmu Tajwid Bagi Pemula

Mari mengenal dasar-dasar ilmu tajwid melalui Jejak Mufassir.

Pelajari Sekarang

💻 Apa itu Tajwid Alquran?

Mulai mengenal apa yang dimaksud dengan tajwid alquran melalui Jejak Mufassir. Kami telah menyajikan penjelasan yang mudah untuk dipahami bagi orang awam sekalipun.

Pelajari Sekarang

💻 Macam-macam Hukum Tajwid

Macam-macam hukum tajwid yang perlu diketahui oleh seorang muslim telah Jejak Mufassir sajikan dengan sistematis.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin

Mengenal hukum-hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Ra

Mengenal hukum-hukum bacaan Ra melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Mad

Mengenal hukum-hukum bacaan Mad melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Mim Mati

Mengenal hukum-hukum bacaan Mim mati melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Qalqalah

Mengenal hukum-hukum bacaan Qalqalah melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Alif Lam

Mengenal hukum-hukum bacaan Alif Lam melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Tanda-Tanda Berhenti

Mengenal tanda-tanda berhenti dalam membaca al-Quran melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

Demikian artikel mengenai hukum bacaan mad. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kecintaan kita kepada al-Quran dan menjadikan kita lebih semangat mempelajari ilmu tajwid dan ilmu keislaman lainnya.

Penulis: Ahmad Yani
Hukum Bacaan Mad
Hukum Bacaan Mad

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Close