Muqorror KUSA (Kuliah Al-Ulum Asy-Syar'iyyah wal Arobiyyah) - Safwa University

Muqorror KUSA (Kuliah Al-Ulum Asy-Syar'iyyah wal Arobiyyah) - Safwa University

Muqorror KUSA (Kuliah Al-Ulum Asy-Syar'iyyah wal Arobiyyah) merupakan kitab panduan yang digunakan kampus Safwa University. Untuk yang belum mengetahui apa itu KUSA atau dikenal juga dengan Safwa University? Safwa University merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di Mesir. Safwa University lebih dikenal dengan KUSA. Untuk lebih rinci dapat dilihat melalui postingan mengenai Safwa University - KUSA. Silahkan diklik dan dibaca secara teliti.

Kapan penerimaan mahasiswa baru di KUSA?

Biasanya KUSA atau Safwa University membuka pendaftaran mahasiswa baru pada pertengahan bulan suci Ramadhan. Pendaftaran ini dilakukan secara online. Adapun pendaftarannya tidak terlalu sulit. Untuk cara pendaftarannya mulai dari tahun pertama hingga tahun kedua masih sama yakni sebagaimana dijelaskan dalam postingan cara pendaftaran Tahun Akademi 2021/2022 atau 1442 H.

Berapa jumlah semester di KUSA?

KUSA atau Kuliah Al-Ulum Asy-Syar'iyyah wal Arobiyyah sama seperti perguruan tinggi strata satu pada umumnya yang berada di Mesir. Ada delapan semester yang harus dilalui para mahasiswa untuk bisa meraih gelar Licensi (Lc) di mana setara dengan empat tahun perkuliahan.

Apa saja mata kuliah KUSA pada semester 1 & 2?

Pada tahun 2019 saat pertama kali KUSA menerima mahasiswa baru angkatan pertama. KUSA menyediakan sepuluh mata kuliah untuk semester pertama. Adapun sepuluh mata kuliah tersebut antara lain:
Bagi yang hendak mengunduhnya silahkan klik langsung judul kitab di atas. Adapun untuk kitab-kitab pada semester lain, inshaAllah akan diupload segera.

Berikut jadwal perkuliahan KUSA untuk angkatan pertama tahun 2019 semester 1:
Jadwal Kuliah KUSA, Firqoh Pertama, Semester 1, Angkatan 2019

Adapun pada semester 2, antara lain:
1. Aqidah (2)
2. Hadits (2)
3. Fiqh (2)
4. Mawaris
5. Ulum Al-Quran (2)
6. Mustholah Al-Hadits (2)
7. Lughah Arabiyyah (2)
8. Tarikh (1)
9. Tajwid (2)
10. Adab

Apa saja mata kuliah KUSA pada semester 3 & 4?

Pada tahun 2020 kurikulum semester 3 mulai dibagikan kepada mahasiswa angkatan pertama. Adapun total mata kuliah KUSA pada semester 3 untuk angkatan pertama ini ada 6, antara lain sebagai berikut:
1. Al-Tarbiyah wa Al-Suluk
2. Al-Aqidah
3. Tarikh Al-Tasyri'
4. Al-Fiqh
5. Al-Tafsir
6. Al-Lughah Arabiyyah

Adapun mata kuliah KUSA pada semester 4 untuk angkatan pertama ada 6 mata kuliah, antara lain:
1. Al-Tarbiyah wa Al-Suluk
2. Al-Aqidah
3. Tarikh Al-Tasyri'
4. Al-Fiqh
5. Al-Tafsir
6. Balaghah

Apa saja mata kuliah KUSA pada semester 5 & 6?

Untuk saat ini belum tersedia mata kuliah KUSA pada semester 5 dan semester 6. Hal ini dikarenakan angkatan pertama mahasiswa KUSA belum memasuki semester tersebut.

Apa saja mata kuliah KUSA pada semester 7 & 8?

Untuk semester 7 dan semester 8 belum tersedia terkait informasi mata kuliah KUSA. Oleh karena belum ada satupun angkatan yang memasuki semester tersebut. 
InshaAllah akan kami update kembali setelah kami mendapatkan informasi terbaru.

Apa website resmi KUSA atau Safwa University?

Adapun website resmi yang pertama kali yang diluncurkan oleh KUSA adalah fsasedu.com pada tahun 2019. Kemudian pada tahun 2020, Safwa University mengadakan maintenance. Setelah maintenance berakhir, Safwa University pun mengumumkan bahwasanya KUSA beralih nama dari KUSA menjadi Safwa University baru kemudian website berubah menjadi app.safwauniversity.com/

Bagaimana sistem perkuliahan KUSA atau Safwa University?

Sistem perkuliahan KUSA atau Safwa University dilakukan secara online. KUSA atau Safwa University memanfaatkan grup telegram untuk membagikan materi serta ringkasan materi dari hasil pertemuan tiap perkuliahan. Selain itu juga KUSA atau Safwa University memanfaatkan media channel YouTube untuk berbagi materi perkuliahan. Tak terhenti sampai di situ, KUSA atau Safwa University juga menjadwalkan waktu tatap muka antar mahasiswa dan tim pengajar melalui aplikasi Zoom Meeting secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan, sehingga mahasiswa menjadi lebih mudah ketika hendak bertanya materi perkuliahan yang belum dapat mereka pahami.

Semoga kedepannya KUSA atau Safwa University semakin menjadi lebih baik dari segi sistem perkuliahannya. Bagi yang baru mendaftar di KUSA atau Safwa University, semoga dapat mudah menyesuaikan diri ya mengikuti program perkuliahan online. Jangan lupa subscribe channel Jejak Mufassir ya serta dukung selalu dakwah kami. Mari kita saling berbagi kebaikan dan kebermanfaatan.

Penulis: 
Ahmad Yani 
(Founder Jejak Mufassir & Mahasiswa Safwa University Angkatan Pertama)

Order Sekarang
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM