Download Kitab Tafsir Al Misbah - Jejak Mufassir

Download Kitab Tafsir Al Misbah

Download Kitab Tafsir Al Misbah

Download kitab tafsir al misbah - Hai sahabat Jejak Mufassir, kali ini kami akan berbagi pdf kitab Tafsir Al Misbah. Tafsir al-Misbah merupakan salah satu kitab tafsir yang masyhur di Indonesia. Penulis dari kitab tafsir ini adalah Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A. Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A merupakan salah seorang tokoh ulama bidang keilmuan al-Quran dan tafsir yang lulus dari Universitas Al-Azhar. 

Download Kitab Tafsir Al Misbah
Download Kitab Tafsir Al Misbah



Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A merupakan salah seorang ulama nusantara berskala Internasional. Beliau terkenal sangat produktif dalam menciptakan berbagai karya tulis di bidang tafsir al-Qur'an. Satu di antara beberapa karya beliau yang sering dijadikan rujukan oleh berbagai kalangan di Indonesia adalah kitab Tafsir Al Misbah.

Penamaan Kitab Tafsir Al Misbah

Al Misbah secara etimologi berasal dari bahasa Arab yang berarti penerang. Penamaan kitab tafsir ini bukan sembarangan, tentu penamaan ini juga menjadi doa dan harapan agar kitab tafsir yang telah dituliskan tersebut dapat menjadi penerang bagi siapapun yang hendak memahami isi dari al-Quran secara komprehensif atau menyeluruh.

Corak Kitab Tafsir Al Misbah

Kitab Tafsir Al Misbah berisi 30 juz lengkap dan terselesaikan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Corak penafsiran yang disajikan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A yakni al-adabi al-ijtima'i atau sosial kemasyarakatan. Beliau menyajikan kitab tafsirnya dengan gaya penulisan yang khas bercirikan ke-Indonesia-an sehingga relevan dan mudah dipahami oleh masyarakat di Indonesia.

Dalam beberapa artikel, ada yang menyebutkan bahwasanya corak kitab Tafsir Al Misbah bercorak nusantara, namun secara keilmuan, corak yang sebenarnya adalah al-adabi al-ijtima'i atau sosial kemasyarakatan dengan pendekatan kenusantaraan. Pendapat demikian yang semestinya diperhatikan. 

Metode Kitab Tafsir Al Misbah

Tafsir Al Misbah dituliskan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A dengan menerapkan metode tafsir tahlili. Metode penafsiran al-Quran sendiri ada empat, antara lain metode tahlili, metode muqaran, metode tematik dan metode ijmali. Metode tafsir tahlili sendiri memiliki ciri utama menafsirkan al-Quran secara menyeluruh mulai dari surah al-Fatihah hingga al-Baqarah dengan disertai analisis yang rinci. 

Dalam kitab Tafsir Al Misbah, terlihat jelas bahwa Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A menyajikan penafsirannya dengan memberikan penjelasan atas makna-makna firman Allah Subhanahu wa Ta'ala secara mendetail mulai dari surah al-Fatihah hingga al-Baqarah yang termuat di dalam kitab Tafsir Al Misbah sebanyak 15 jilid. Analisis tersebut bahkan meliputi asbab al-nuzul serta beberapa analisis kebahasaan atas ayat-ayat tertentu dan juga dicantumkan beberapa pendapat atas suatu penafsiran. Metode penafsiran yang demikian pada hakikatnya telah diterapkan oleh ulama-ulama terdahulu seperti al-Imam al-Thabari dan lain-lain.

Kelebihan Kitab Tafsir Al Misbah

Kitab Tafsir Al Misbah yang berisikan penafsiran sebanyak 30 juz dan termuat di dalam 15 jilid dalam bahasa Indonesia menjadi suatu keunggulan awal dan pencapaian yang luar biasa. Mengingat bahwa tidak semua orang mampu menulis hingga beberapa jilid karya tulis, terlebih di bidang Tafsir Al-Qur'an.

Kitab Tafsir Al Misbah sendiri menjadi kitab tafsir yang memuat berbagai respon atas isu-isu teraktual dunia Islam yang terjadi di Indonesia maupun Internasional. Kitab Tafsir Al Misbah kaya akan rujukan dari berbagai mazhab pemikiran. Hal tersebut disajikan dengan bahasa yang ringan serta mudah dipahami oleh pembaca.

Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab juga mematahkan pandangan seorang orientalis bernama Mongontwery Watt yang berpandangan bahwa al-Quran tersusun secara tidak beraturan dan tidak memiliki keterkaitan. Hal ini dibuktikan dengan adanya karya Kitab Tafsir Al Misbah, di mana kitab tersebut menyajikan korelasi antar ayat, surat maupun antar awal ayat dan awal surat. Hal ini tentu menjadi kelebihan kitab Tafsir Al Misbah yang sangat penting untuk diketahui.

Download Kitab Tafsir Al Misbah

Bagi Anda yang ingin mendownload kitab Tafsir Al Misbah, Anda dapat mengunduhnya melalui beberapa link yang telah tersedia di bawah ini.
Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk membeli kitab Tafsir Al Misbah versi hard copy kitab Tafsir Al Misbah. Hal ini dikarenakan kitab Tafsir Al Misbah versi tersebut akan lebih mudah dibaca dibanding dibaca melalui soft copy Kitab Tafsir Al Misbah. 

Demikian artikel tentang Download Kitab Tafsir Al Misbah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pintu awal untuk memahami keilmuan al-Quran dan tafsir.
Download Kitab Tafsir Al Misbah
Download Kitab Tafsir Al Misbah

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Close