JejakMufassir Jejak Mufassir

Download Buku Pedoman Menulis Huruf Arab Pegon

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi sebuah artikel mengenai download buku pedoman menulis huruf Arab Pegon. Arab Pegon (Pego) pada awalnya sumber asalnya dari huruf Arab Hijaiyah, setelah itu menyesuaikan akan aksara (abjad) Indonesia (Jawa). Kata Bausastra memiliki maksud tidak natural Bahasa Jawa. Pada kalangan Pondok Pesantren, Huruf Pegon muncul guna memaknai serta menerjemahkan kitab-kitab berbahasa Arab dalam bentuk bahasa Jawa/Indonesia agar lebih mudah dalam menulisnya. Hal tersebut dikarenakan penulisan Arab posisi awalnya yakni dari kanan menuju kiri sama halnya dengan menulis Pegon. Adapun penulisan Latin posisi awalnya yakni dari kiri baru kemudian ke kanan. Nah itu sedikit penjelasan mengenai Arab Pegon. Siapa sih penemu Arab pegon? Akan kita bahas pada bagian berikutnya. Silahkan simak  tulisan ini hingga selesai.

Penemu Huruf Pegon

Berdasarkan sebuah pendapat, ada yang mengatakan bahwa penemu huruf Pegon yakni Sunan Ampel. Adapun merujuk pada pendapat lain penemu huruf Pegon yakni Imam Nawawi Banten. Perkara ini diperkuat dengan adanya sejarah ketika era penjajahan terdapat berbagai penindasan, perampasan hak serta penyiksaan. 

Dengan adanya berbagai penindasan dan penjajahan oleh para penjajah, sehingga muncullah kemudian “Gerakan Anti Penjajah”. Sistem pemerintah penjajah muncul di berbagai tempat, termasuk muncul pada golongan kaum muslimin hingga para kiai serta 'ulama memberikan fatwa bahwa “haram menggunakan a penjajah” termasuk tulisannya. Pada keadaan ini, dengan cermat Imam Nawawi memberikan penyesuaian bahasa Jawa berdasarkan huruf-huruf Arab yang kemudian dinamai dengan Pegon (Pego). Demikian beberapa pendapat terkait penemu huruf Pegon.

Download Buku Pedoman Menulis Huruf Arab Pegon

Bagi yang ingin mempelajari cara menulis huruf Arab Pegon dapat melakukan download buku pedoman menulis huruf Arab Pegon. Untuk mempelajari tata cara menulis huruf Arab Pegon, ada baiknya didampingi oleh seorang guru atau tutor. Dengan demikian, manakala ada bagian yang tidak Anda ketahui bisa langsung Anda tanyakan. Dengan ikut mengajarkan tata cara menulis huruf Arab Pegon sebenarnya kita sudah ikut serta dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia. Silahkan download buku pedoman menulis huruf Arab Pegon melalui link berikut:
Pedoman Menulis Huruf Arab Pegon.pdf 763 KB



Demikian artikel mengenai download buku pedoman menulis huruf Arab Pegon. Semoga bermanfaat. Jangan lupa subscribe channel YouTube Jejak Mufassir. Terima Kasih.

Penulis: Ahmad Yani


Download Buku Pedoman Menulis Huruf Arab Pegon
Download Buku Pedoman Menulis Huruf Arab Pegon

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email