Pengantar Ilmu Tajwid Bagi Pemula

Pengantar Tajwid

Ilmu Tajwid adalah salah satu di antara banyaknya khazanah Islam yang perlu dikuasai oleh seorang muslim. Ilmu Tajwid mampu mengantarkan seseorang untuk dapat membaca al-Quran dengan baik dan benar. Bahkan Ilmu Tajwid dapat dikatakan sebagai awal seorang muslim mulai menjalani perjalanan intelektualnya dalam menggali berbagai keilmuan dan kajian Islam yang berkaitan dengan al-Quran.


Sebelum seseorang hendak menghafalkan al-Quran, mempelajari kaidah nahwu dan shorof guna memahami al-Quran, serta mempelajari sejarah al-Quran lebih lanjut hingga ke tahap mempelajari kaidah-kaidah penafsiran al-Quran, maka hal terpenting adalah mempelajari bagaimana tata cara membaca al-Quran agar sesuai dengan kaidah yang berlaku. Tanpa Ilmu Tajwid, seseorang akan kesulitan untuk bisa melafadzkan tiap huruf dalam al-Quran dengan baik dan benar. Lantas apa sebenarnya Ilmu Tajwid? Mari simak hingga akhir, tulisan berikut.

Pengertian Ilmu Tajwid

Secara bahasa:
التَّحْسِيْنُ.
Hal yang menjadikan lebih baik.
Secara istilah:
إِعْطَاءُ كُلِّ حَرْفٍ حَقَّهُ وَمُسْتَحَقَّهُ: مِنْ مَخْرَجٍ، وَصِفَةٍ، وغُنَّةٍ وَمَدٍّ، وَتَرْقِيْقٍ، وَتَفْخِيْمٍ، وَغَيْرِ ذٰلِكَ مِنْ أَحْكَامِ التَّجْوِيْدِ.
Memberikan setiap huruf hak dan kelayakannya: daripada makhraj (tempat keluar huruf), sifat, ghunnah (dengung), madd (panjang bacaan), tarqiq (bacaan tipis), tafkhim (bacaan tebal), dan selainnya, sesuai hukum-hukum tajwid.

Hukum mempelajari Ilmu Tajwid secara Syariat

حُكْمُهُ شَرْعًا: العِلْمُ بِهِ فَرْضُ كِفَايَةٍ، وَالعَمَلُ بِهِ فَرْضُ عَيْنٍ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى (وَرَتِّلِ القُرْءَانَ تَرْتِيْلًا)
Hukumnya secara syariat: mempelajari tentang Ilmu Tajwid adalah fardhu kifayah, dan mengamalkan dengannya (ketika membaca al-Quran) adalah fardhu ain atau wajib atas setiap muslim dan muslimah. Berdasarkan firman-Nya (Dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan).

Topik Ilmu Tajwid

الأَلْفَاظُ القُرْآنِيَّةُ الكَرِيْمَةُ.
Lafad-lafadz al-Quran al-Karim.

Faedah Mempelajari Ilmu Tajwid

صَوْنُ اللِّسَانِ عَنِ الخَطَأِ فِي كَلِمَاتِ القُرْآنِ الكَرِيْمِ.
Memelihara lisan dari kesalahan dalam membaca al-Qur'an al-Karim.

Peletak Dasar Ilmu Tajwid

وَضَعَهُ أَئِمَّةُ القِرَاءَةِ.
Yang telah meletakkannya adalah para imam qiro'ah.

Demikian tulisan ringkas yang berjudul pengantar ilmu tajwid bagi pemula.

Tulisan ini bersumber dari referensi yang ada dan sedikit tambahan dari tim redaksi.

Wallahu’alam bishshawab

Artikel ini sebatas ringkasan.

Semoga bermanfaat.

Referensi

Al-Mulakhos Al-Mufid Fii 'Ilm At-Tajwid

Oleh: Al-Faqir Ilallah, Ahmad Yani

Artikel Jejakmufassir.my.id

Pengantar Ilmu Tajwid Bagi Pemula
Baca Juga: