Memaknai Ramadhan dan Wabah dalam Cerita dan Hikmah Al-Qur'an

Memaknai Ramadhan dan Wabah dalam Cerita dan Hikmah Al-Qur'an
Rangkuman ditulis oleh : Ahmad Yani
Ahad, 26 April 2020



Fenomena wabah Covid-19 merupakan ujian bagi orang-orang beriman.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Istilah yang perlu diketahui yakni:
الطَّاعُوْنُ
الوَبَاءُ
Menurut para 'ulama menyebutkan:
الطاعون لغة : جاء في لسان العرب أنه: المرض العام والوباء الذي يفسد له الهواء فتفسد له الأمزجة والأبدان
Kata الطاعون secara bahasa : berangkat dari kamus lisanul 'arab bahwasanya: penyakit yang menular sifatnya secara umum dan الوباء yakni yang merusak suhu dan merusak الأمزجة (suhu menjadi bercampur/demam) dan merusak tubuh.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Jadi, al-waba' lebih spesifik dibandingkan at-tho'un.
al-Waba' sudah pasti at-tho'un.
At-Tho'un belum tentu al-waba'.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Para ulama juga pernah menulis beberapa buku terkait al-waba’, salah satunya yakni Ibnu Hajar Al-Asqolani (W. 852 H) dengan buku yang berjudul بذل الماعون في فضل الطاعون.
Hikmah daripada buku yang ditulis dikarenakan adanya alasan karena saat itu anak beliau sakit dan meninggal dunia karena al-waba’. Beliau menuangkan pemikirannya dalam buku tersebut dengan harapan dapat memberikan pencerahan kepada umat yang hidup di zaman beliau.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Adanya musibah wabah karena tangan manusia, sebagaimana firman-Nya:
وَمَآ أَصَٰبَكُم مِّن مُّصِيبَةٖ فَبِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِيكُمۡ وَيَعۡفُواْ عَن كَثِيرٖ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).
(QS. Al-Syura 42: 30)
ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِي ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِي ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِي عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)
(QS. Al-Ruum 30: 41)
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
Tatkala terdapat wabah dalam suatu daerah maka jangan pergi ke daerah itu, hal ini sebagaimana hadit berikut :
أخرج مسلم من حديث عامر بن سعد أن رجلا سأل سعد بن أبي وقاص رضي الله عنه عن الطاعون، فقال أسامة بن زيد رضي الله عنهما أنا أخبرك عنه، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ” هو عذاب أو رجز أرسله الله على طائفة من بني إسرائيل أو ناس كانوا قبلكم، فإذا سمعتم به بأرض فلا تدخلوها عليه، وإذا دخلها عليكم فلا تخرجوا منها فراراً

Imam Muslim mengeluarkan sebuah hadits dari ‘Amir bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Sa’ad bin Abi Waqqash mengenai tho’un. Maka Usamah bin Zaid berkata: “Saya beritahukan kepadamu mengenai hal itu, Rasulullah Saw bersabda: “Tha’un adalah sejenis kotoran (siksa) yang ditimpakan kepada satu golongan dari Bani Israil atau kepada umat sebelum kalian. Maka itu jika kalian mendengar ada wabah tersebut di suatu wilayah janganlah kalian memasuki wilayah tersebut dan jika kalian sedang berada di wilayah yang terkena wabah tersebut janganlah kalian mengungsi darinya”.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
والله أعلم بالصواب

Memaknai Ramadhan dan Wabah dalam Cerita dan Hikmah Al-Qur'an
Baca Juga: