Hukum Mim Mati - Jejak Mufassir

Hukum Mim Mati

Hukum Mim Mati

Apa pengertian hukum mim mati? Hukum mim mati atau hukum mim sukun merupakan salah satu hukum tajwid yang terjadi manakala mim mati bertemu dengan huruf tertentu. Ada berapakah hukum mim mati? Terdapat tiga jenis hukum mim mati, antara lain ikhfa syafawi, idgham mimi dan izhar syafawi. Hukum bacaan mim sukun ini sangat penting untuk dipahami agar seseorang mampu membaca al-Quran dengan baik dan benar, begitu juga mengenal hukum lainnya. Sebagai seorang muslim, tidak cukup hanya mengenal hukum nun mati dan tanwin saja, tapi harus juga mengenal berbagai hukum tajwid lainnya secara menyeluruh.

Hukum Mim Mati

Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi yakni hukum mim mati bertemu ba maka dibaca samar-samar di bibir kemudian disertai dengungan. Huruf ikhfa syafawi hanya ada satu yakni ba, hukum tersebut terjadi manakala ba bertemu dengan mim sukun.

Ikhfa bermakna menyamarkan. Syafawi bermakna bibir. Adapun alasan kenapa disebut Ikhfa Syafawi yakni dikarenakan tempat keluar dari huruf hijaiyah Mim serta huruf hijaiyah Ba yakni terletak pada pertemuan antara bibir bagian bawah serta bibir bagian atas.

Hukum Ikhfa Syafawi benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan hukum Idgham Bighunnah, Iqlab, maupun Ghunnah Musyaddadah pada huruf hijaiyah Mim – pada Al-Quran – terutama untuk hukum Ikhfa Syafawi tersebut, tidak ditetapkan tanda tasydid maupun tanda lainnya, seperti halnya dalam hukum Ikhfa Haqiqi. Meski demikian, dalam hukum Ikhfa Syafawi tersebut wajib dibaca dengan cara didengungkan dengan perkiraan 2 hingga 3 harakat atau 1 1/2 alif, hal ini dikarenakan jika hukum Ikhfa Syafawi tersebut tak didengungkan, maka hukum dari bacaan tersebut akan terubah menjadi hukum Izhar.

Teknik membaca daripada hukum Ikhfa Syafawi yakni dengan cara membaca terlebih dahulu huruf hijaiyyah yang ada sebelum mim sukun, habis itu masuk kepada huruf Mim Sukun sembari mengeluarkan irama dengungnya hukum daripada ikhfa Syafawi [yakni dengan cara menahan huruf hijaiyah mim dengan cara samar-samar]; “immng.. / ummmng.. / ammmng… ” dengan demikian manakala akan bertemu dengan huruf hijaiyah ب maka bibir bagian atas serta bibir bagian bawah dalam posisi yang tertutup.

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

إِنَّهُمْ بِذَالِكَ

Idgham Mimi

Idgham mimi adalah pertemuan mim mati dengan huruf mim. Mim mati bertemu mim maka dibaca sebagaimana menyuarakan mim rangkap atau yang ditasydidkan serta wajib dibaca dengung.

Idgham mimi juga dikenal sebagai idgham mutammatsilain. Idgham Mitslain atau disebut juga Idgham Mimi adalah hukum tajwid yang terjadi secara khusus atas huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) yang manakala ketemu dengan huruf hijaiyah Mim yang memiliki harakat [ مَ مِ , مُ ]. Alasan kenapa disebut sebagai Mitslain karena adanya pertemuan dua huruf hijaiyah yang tempat serta sifatnya yakni sama persis [atau identik], namun khusus atas huruf hijaiyah Mim Sukun yang betemu huruf Mim yang memiliki harakat. Selain daripada huruf hijaiyah Mim tersebut, maka hukum yang berlaku atas pertemuan 2 [dua] huruf yang sama yakni huruf sukun serta huruf berharakat yakni Hukum Mad Tamkin dan Hukum Idgham Mutamasilain.

Diberi nama Idgham karena cara untuk melafalkannya yakni dengan dengan meleburkan atau menggabungkan satu huruf hijaiyah kepada huruf hijaiyah sesudahnya, adapun istilah lainnya yakni dengan cara di-tasydid-kan. Hukum Idgham Mitslain yakni dilafalkan dengan cara mendengung yakni tempat huruf hijaiyah mim-nya jelas dan mengalun kurang lebih sekitar 2 sampa dengan 3 harakat [1 Alif hingga 1 1/2 alif]. Pada Al-Quran ayat yang memuat hukum Idgham Mitslain telah terdapat tanda tasydid. Tasydid Idgham Mitslain adalah Tasydid Hukum, yakni sebuah tanda tasydid yang dicantumkan atau diberikan oleh karena terjadinya suatu hukum peleburan atau pertemuan. Dengan mengenal hukum bacaan mim mati, seorang Muslim diharapkan mampu membaca Alquran dengan tartil dan benar. Selebihnya, agar bisa mendalami makna yang termuat di dalamnya.

Contoh Idgham Mimi

لَهُمْ مَايَتَقُوْنَ = lahummmmaa yattaquuna

هُمْ مَااِنْفَقُوْا = hummmmaa infaquu

Izhar Syafawi

Apa yang dimaksud dengan izhar? Izhar artinya adalah jelas. Apa yang dimaksud izhar syafawi? Izhar syafawi yakni jelas di bibir. Jika Anda diberi pertanyaan jelaskan pengertian hukum bacaan izhar syafawi dan tulislah satu contohnya. Maka Anda bisa menjawab bahwasanya izhar syafawi adalah hukum yang terjadi apabila mim mati bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah selain daripada mim dan ba. Sebagai contoh yakni huruf mim mati bertemu dengan huruf sin maka hukumnya izhar syafawi. Adapun hukum mim mati bertemu dengan huruf alif dinamakan izhar syafawi. Hal ini dikarenakan alif tidak termasuk daripada mim dan ba.

Izhar juga memiliki makna terang [jelas] atau tak berdengung. Syafawi juga memiliki arti bibir; Karena huruf hijaiyah mim tempat hurufnya yakni berjumpanya bibir pada bagian bawah dengan bibir pada bagian atas. Pada istilah yang terdapat dalam ilmu tajwid, Izhar Syafawi berarti melafalkan huruf-huruf hijiayah yang ketemu dengan huruf Mim Sukun dengan terang dan jelas, dan ini tidak disertai dengan berdengung [ghunnah]. Dan dalam Izhar Syafawi dapat terjadi pada satu kalimat [kata], maupun di luar kalimat [kata] terpisah.

Contoh Izhar Syafawi

Adapun contoh izhar syafawi yakni تَمْسُوْنَ.

Adapun contoh lainnya yakni هُمْ نَائِمُوْنَ = hum naaaaaimuuna.

Contoh lain izhar syafawi yakni قُلْ نَعَمْ وَاَنْتُمْ = qul na‘am wa antum.

Belajar Ilmu Tajwid Bersama Jejak Mufassir

💻 Pengantar Ilmu Tajwid Bagi Pemula

Mari mengenal dasar-dasar ilmu tajwid melalui Jejak Mufassir.

Pelajari Sekarang

💻 Apa itu Tajwid Alquran?

Mulai mengenal apa yang dimaksud dengan tajwid alquran melalui Jejak Mufassir. Kami telah menyajikan penjelasan yang mudah untuk dipahami bagi orang awam sekalipun.

Pelajari Sekarang

💻 Macam-macam Hukum Tajwid

Macam-macam hukum tajwid yang perlu diketahui oleh seorang muslim telah Jejak Mufassir sajikan dengan sistematis.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin

Mengenal hukum-hukum bacaan nun mati dan tanwin melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Ra

Mengenal hukum-hukum bacaan Ra melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Mad

Mengenal hukum-hukum bacaan Mad melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Mim Mati

Mengenal hukum-hukum bacaan Mim mati melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Qalqalah

Mengenal hukum-hukum bacaan Qalqalah melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Hukum Bacaan Alif Lam

Mengenal hukum-hukum bacaan Alif Lam melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang

💻Tanda-Tanda Berhenti

Mengenal tanda-tanda berhenti dalam membaca al-Quran melalui pemaparan Jejak Mufassir.

Pelajari sekarang
Demikian artikel mengenai hukum mim mati atau hukum mim sukun. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber ilmu bagi siapapun yang hendak memperdalam al-Quran terkhususnya ilmu tajwid.
Penulis: Ahmad Yani
Hukum Mim Mati
Hukum Mim Mati

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Close