Perintah Mengerjakan Kebaikan dan Larangan Berbuat Kemungkaran | Kitab Mukasyafatul Qulub

Wahai ikhwah, sudahkah Anda mengamalkan perintah ini? Mencegah hal mungkar dan memerintah kebaikan.

 

بســـــــــــــــــم الله الرحمن الرحيم

وبه نستعين

 


 فِي الأَمْرِ بِالمعْرُوْفِ وَالنَهَى عَنِ المنْكَرِ

Mengenai perintah mengerjakan kebaikan dan larang berbuat kemungkaran.

 

Ketahuilah wahai saudaraku sekalian, sesungguhnya Allah telah menjadikan umat Islam, umat terbaik sebab umat Islam telah diperintahkan untuk bebuat baik dan mencegah dari perbuatan yang mungkar (tidak baik), hal ini sesuai dengan firman-Nya:

قَالَ اللهُ تَعَالَى : (كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالمعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ المنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ).

Allah berfirman : "Engkau (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia sebab engkau memerintahkan perbuatan yang baik engkau mencegah dari perbuatan yang mungkar (tidak baik) dan engkau beriman kepada Allah .”

 

Rasulullah juga telah mengingatkan kepada kita bahwa sebaik manusia ialah mereka yang bermanfaat untuk orang lain, adapun seburuk manusia yakni yang mencelakakan atau merugikan orang lain. Hal ini dilandasi dengan sabda Rasulullah berikut:

 حَدِيْثٌ : (خَيْرُ النَّاسِ مَنْ يَنْفَعُ النَّاسَ وَشَرُّ النَّاسِ مَنْ يَضُرُّ النَّاسَ).

Rasulullah bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, dan seburuk-buruk manusia adalah yang merugikan orang lain".


Wahai saudaraku yang dirahmati oleh Allah. Ketahuilah bahwa sebagai umat beragama Islam kita diperintahkan untuk saling mengingatkan satu sama lain. Sebagaimana Rasulullah bersabda:

حَدِيْثٌ : (مَنْ رَأَي مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِّهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَنِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَالِكَ أَضْعَفُ الِإيْمَانِ).

Rasulullah bersabda : "Barang siapa yang melihat kemungkaran maka cegahlah dengan tangannya, jika tidak mampu dengan tangan maka gunakan lisannya, jika tidak mampu dengan lisannya maka dengan hati, karena itu adalah selemah-lemahnya iman".


Sebagai umat beragama Islam sudah semestinya kita untuk saling mengingatkan satu sama lain dalam kebaikan sebab hal demikian termasuk di dalam perbuatan tolong menolong dalam kebaikan antar sesama manusia dan mampu meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Perintah tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan ialah sebagai berikut:

قَالَ اللهُ تَعَالَى : (وَتَعَاوَنُوْا عَلَى البِّرِ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الإِثْمِ وَالعُدْوَانِ).

Allah berfirman : Tolong-menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan, jangan kalian saling tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan).

 

Oleh karenanya jika diantara kita melihat kemungkaran perbuatan yang keluar dari syariat Islam, maka cegahlah perbuatan tersebut dengan  tangan, namun jika kita tidak mampu dengan tangan maka nasihatlah dengan cara yang baik, lembut, sopan santun, namun jika tidak mampu dengan tangan dan lisan untuk mencegah perbuatan yang kurang baik tersebut maka cukuplah menggunakan hati yaitu mendoakan agar dia sadar dan berubah, itulah akhlak orang yang beriman.

 

Referensi

Mukaasyafatul Qulub Ilaa Hadhrati Alaamil Ghuyub Li Hujjatil Islam Abii Haamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazaali, 

Oleh: Al-Faqir Ilallah, Ahmad Yani

Artikel Jejakmufassir.my.id

 






Informasi Pembelian
Perintah Mengerjakan Kebaikan dan Larangan Berbuat Kemungkaran | Kitab Mukasyafatul Qulub
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Perintah Mengerjakan Kebaikan dan Larangan Berbuat Kemungkaran | Kitab Mukasyafatul Qulub
Perintah Mengerjakan Kebaikan dan Larangan Berbuat Kemungkaran | Kitab Mukasyafatul Qulub

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.