Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab






Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab

Dunia yang merupakan tempat tinggal kita saat ini terdapat berbagai suku bangsa, budaya dan bahasa. Setiap daerah memiliki bahasa tersendiri. Termasuklah di Timur Tengah, yang mana mayoritas penduduknya menggunakan Bahasa Arab sebagai alat untuk berkomunikasi. 

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan di daerah Timur Tengah. Bahasa Arab adalah bahasa yang terkandung di dalam al-Quran. Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang digunakan oleh Nabi kita yakni Nabi Muhammad ﷺ. 

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting untuk dipelajari oleh kaum beragama Islam. Bahasa Arab merupakan kunci daripada ilmu syariat Islam. Meski demikian sungguh disayangkan masih banyak umat beragama Islam yang terlalu sibuk dengan ilmu lainnya sehingga tidak banyak yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Arab. 

Isyarat Beberapa Tokoh Islam Terkait Pentingnya Belajar Bahasa Arab


Para sahabat, ulama bahkan ahli tafsir terdahulu sudah memberikan kita berbagai isyarat akan pentingnya pembelajaran Bahasa Arab. 

قَالَ عُمَرُ بْنُ الخَطَّابِ : تَعَلَّمُوْا النَّحْوَ كَمَا تَعَلَّمُوْنَ السُّنَنَ وَالفَرَائِضَ.
Umar bin Khattab pernah berkata: Pelajarilah oleh kalian Ilmu Nahwu sebagaimana kalian mengetahui sunnah-sunnah dan ilmu waris

وَقَالَ أُبَيُّ بنُ كَعَبٍ : تَعَلَّمُوْا العَرَبِيَّةَ كَمَا تَعَلَّمُوْنَ حِفْظَ القُرْآنِ.
Ubay bin Ka’ab pernah berkata: Pelajarilah oleh kalian Bahasa Arab sebagaimana kalian mengetahui cara menghafal al-Qur’an

وَقَالَ مُجَاهِدٌ بْنُ جَبْرٍ : لَا يَحِلُّ لِأَحَدٍ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ أَنْ يَتَكَلَّمَ فِي كِتَابِ اللهِ إِذَا لَمْ يَكُنْ عَالِمًا بِلُغَاتِ العَرَبِ.
Mujahid bin Jabar pernah berkata: Tidak halal bagi seseorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir berbicara mengenai al-Qur’an tatkala ia belum mengetahui ilmu Bahasa Arab

وَقَالَ الشَّافِعِيُّ : مَنْ تَبَحَّرَ فِي النَّحْوِ اهْتَدَى إِلَى جَمِيْعِ العُلُوْمِ.
Imam Asy-Syafi’i pernah berkata: Barang siapa yang memperdalam secara menyeluruh Ilmu Nahwu maka ia akan memperoleh petunjuk kepada keseluruhan ilmu

Dari perkataan-perkataan para sahabat, ulama serta ahli tafsir di atas sesungguhnya telah memberikan isyarat kepada kita akan pentingnya pembelajaran Bahasa Arab. 

Semoga dengan mempelajari Bahasa Arab, Allah tingkatkan pemahaman kita terhadap keilmuan al-Qur'an serta ilmu-ilmu keIslaman lainnya.

Oleh: Al-Faqir Ilallah Ahmad Yani
Wallahu'alam bishshawab
Order Sekarang
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM