Pengumuman! Pada tanggal 17 Juni s.d 19 Juni 2024, Jejak Mufassir akan libur operasional untuk menyambut Hari Raya Idul Adha.
Yuk follow Jejak Mufassir di platform Instagram untuk dapatkan update terbaru.

Pesan Dakwah

Pesan Dakwah

Apa pengertian pesan dakwah? Bagaimana jenis-jenis pesan dakwah? Apa saja tema-tema pesan dakwah? Bagaimana karakteristik pesan dakwah? Keseluruhan pertanyaan seputar pesan dakwah akan kami paparkan dengan jelas berdasarkan rujukan yang relevan dan akurat. Mari simak artikel ini hingga akhir.

Pesan Dakwah
Pesan Dakwah


A. Pengertian Pesan Dakwah

Menurut bahasa, pesan dapat diartikan sebagai nasihat, permintaan, dan amanat yang dilakukan atau disampaikan orang lain, sementara dakwah dapat diartikan sebagai suatu proses upaya untuk mengubah suatu situasi lain yang lebih baik sesuai dengan ajaran agama Islam atau proses mengajak manusia ke jalan Allah, yaitu Islam. (Gunawan & Dkk, 2018: 51)

B. Jenis-jenis Pesan Dakwah

Pesan dakwah secara garis besarnya terbagi menjadi dua, yaitu pesan utama (al-Qur’an dan hadits) dan pesan tambahan selain al-Qur’an dan hadits.
1. Ayat-ayat Al-Qur’an.
2. Hadits Nabi Saw.
3. Pendapat Para Sahabat Nabi Saw.
4. Pendapat Para Ulama.
5. Kisah dari Pengalaman Teladan.
6. Berita dan Peristiwa.
7. Karya Sastra.
8. Karya Seni. (Aziz, 2004)

C. Tema-tema Pesan Dakwah

Berdasarkan temanya pesan dakwah tidak berbeda dengan pokok-pokok ajaran Islam. 
Banyak klasifikasi yang diajukan para ulama dalam memetakan Islam. 
Endang Saifuddim Anshari (1996, 71), membagi pokok-pokok ajaran Islam sebagai berikut:
1. Akidah.
2. Syariah.
3. Akhlak. (Aziz, 2004)

D. Karakteristik Pesan Dakwah

Karakteristik yang dimiliki oleh seorang penyampai pesan akan berbanding lurus terhadap karakteristik pesan yang disampaikan oleh penyampai pesan tersebut. Dapat dikatakan bahwa secara psikologis setiap orang akan mempersepsi stimuli sesuai dengan personalnya. (Mubarok, 1994: 107)

Sumber Referensi

Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Gunawan, F., & Dkk. (2018). Religion Society dan Social Media. Yogyakarta: Deepublish.
Mubarok, A. (1994). Psikologi Dakwah. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Penulis: Ahmad Yani





Informasi Pembelian
Pesan Dakwah
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.