Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Ingin belajar ilmu tafsir, tapi bingung cari kitabnya? Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir bisa menjadi solusi yang paling tepat buat Anda.

Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Ingin belajar ilmu tafsir, tapi sering bingung mau pelajari kitab tafsir apa dulu? Download terjemah kitab tafsir ibnu katsir bisa menjadi solusi yang paling tepat buat Anda.

Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir
Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Kali ini sahabat riset Jejak Mufassir ingin berbagi kitab terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Tentunya kitab ini sudah di-tahqiq lhoo ya. Terjemahan kitab Tafsir Ibnu Katsir yang akan sahabat riset bagikan kali ini disusun oleh Dr. Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahman Bin Ishaq Al-Sheikh. Jadi bukan kitab yang benar-benar original tulisan Ibnu Katsir, melainkan sudah ada yang ditulis kembali, maupun diulik-ulik bahasa zaman sekarangnya.

Penamaan Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Banyak yang belum tahu bahwasanya, terjemahan Kitab Tafsir Ibnu Katsir yang disebarluaskan di masjid-masjid itu sebenarnya memiliki nama asli Lubabut Tafsir min Ibn Katsir yang diteliti atau di-tahqiq oleh Dr. Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurrahman Bin Ishaq Al-Sheikh. Sedangkan kitab Tafsir Ibnu Katsir yang versi bahasa Arab dan ditulis langsung oleh Imam Ibnu Katsir yakni berjudul Tafsir Al-Qur'an Al-'Adzhim. Buku Terjemah Tafsir Ibnu Katsir ini resmi diterbitkan oleh MUI pada tahun 2003 masehi. Di mana ketika itu ketua dewan fatwa MUI diketuai oleh K.H. Ma'ruf Amin.

Corak Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Corak kitab Tafsir Ibnu Katsir jika ditelaah secara menyeluruh, maka akan didapati bahwa kitab tersebut bercorak fiqh, namun juga bercampur dengan corak lainnya. Mengingat kitab ini merupakan kitab yang ditulis berjilid-jilid, maka sangat wajar jika ditemui beragam corak dalam satu kitab tafsir yang membahas 30 juz.

Meski demikian, jika merujuk dari penelitian yang ditulis oleh Fatimatuz Zahro di tahun 2020 dengan judul "Penafsiran Ibnu Katsir Dalam Al Quran Surat Al Ma’idah Ayat 4, Tentang Kehalalan Hewan Buruan Menggunakan Anjing" disebutkan bahwa adapun corak-corak tafsir yang ditemukan dalam tafsir Ibnu Katsir yaitu corak fiqih, corak ra’yi dan corak qira’at.

Walau demikian, sahabat riset Jejak Mufassir ingin sedikit memberikan masukan atas penelitian tersebut, bahwasanya agak tidak tepat menyebut corak ra'yi sebab ra'yi sendiri sebenarnya merupakan bagian dari pembagian metode penafsiran Alquran jika ditinjau dari sumbernya. Beda halnya dengan corak, corak menjadi suatu yang khas dan menggambarkan bagaimana kecenderungan sang mufassir dalam menafsirkan Alquran. Apakah ia cenderung menafsirkannya dengan berfokus pada ayat tentang hukum saja, atau bahkan menafsirkan sembari melihat kondisi keadaan sekitarnya semasa ia hidup.

Jika sang penafsir condong menafsirkan sesuai dengan sosial kemasyarakatannya maka itu dikenal dengan corak al-adabi al-ijtima'i. Begitu pula dengan kecenderungannya yang fokus pada penafsiran ayat tentang hukum saja, maka itu termasuk corak fiqh.

Metode Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Metode kitab Tafsir Ibnu Katsir yakni tahlili. Metode tahlili ini metode yang mana menafsirkan ayat Alquran secara menyeluruh 30 juz dan berurutan. Sebagai pengetahuan, metode penafsiran secara umum ada empat, antara lain ijmali, tahlili, muqarin dan maudhu'i. Jika dilihat dari delapan jilid terjemah kitab Tafsir Ibnu Katsir, terlihat jelas bagaimana di dalamnya dibahas ayat-ayat Alquran secara runtut.

Kelebihan Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Kelebihan Kitab Tafsir Ibnu Katsir terletak pada pendekatannya yang istimewa, yang secara tegas memisahkannya dari semua tafsir lain yang ada. Tafsir ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjelaskan ayat-ayat dalam Alquran dengan merujuk kepada ayat-ayat lain dalam Alquran itu sendiri. Ini memungkinkan penyusunan ayat-ayat yang relevan sebagai penjelasan, penguat, dan pendukung makna dari ayat yang sedang dibahas.

Kitab ini ditulis hampir tanpa israiliyyat, tentu hal ini juga menjadi suatu kelebihan.Selain itu, kelebihan lainnya yakni kitab ini tidak sembarang ditulis begitu saja oleh orang awam, melainkan ditulis oleh sosok imam Ibnu Katsir yang merupakan seorang ulama yang ulung, seorang hafiz, dan seorang pemikir yang brilian. Kelahirannya tercatat pada tahun 1300 M di kota Busra, Suriah, sementara kepulangannya kepada Sang Pencipta terjadi pada tahun 1374 M di Damaskus, Suriah. Salah satu karakteristik penting dari Ibnu Katsir adalah keyakinannya terhadap mazhab Syafi'i dalam agama Islam.

Download Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Setelah membahas beberapa point penting dalam artikel ini baik terkait penamaan kitab tafsir ibnu katsir, corak, metode maupun kelebihan kitab tafsir ibnu katsir, tibalah saatnya sahabat riset Jejak Mufassir membagikan terjemah kitab tafsir ibnu katsir.

Bagi Anda yang mungkin sulit mengakses perpustakaan, terutama yang tinggal di daerah pedalaman maupun pedesaan, artikel ini sangat layak dikonsumsi agar mempermudah setiap manusia memperoleh ilmu pengetahuan. Anda bisa langsung order dan peroleh linknya dengan cara klik tombol beli sekarang.
Promo
Rp 35.000
Harga Normal:Rp.190.000
Nama Produk
E-book Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir Lengkap
PenulisImam Ibnu Katsir
PenerbitPustaka Imam Syafi'i
Jumlah Jilid8 Jilid
Dilihat13 RB kali
Rating Produk: 5.0








Informasi Pembelian
Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir
Download Terjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.