Resesi Ekonomi 2023, Siapkah Indonesia?

Resesi ekonomi 2023 diprediksi akan mulai terjadi secara global. Lantas siapkah Indonesia dalam menghadapi resesi ekonomi global tersebut?

Resesi Ekonomi 2023, Siapkah Indonesia?

Resesi ekonomi 2023 diprediksi akan mulai terjadi secara global. Lantas siapkah Indonesia dalam menghadapi resesi ekonomi global tersebut? Resesi ekonomi merupakan suatu bentuk penurunan aktifitas ekonomi secara signifikan dalam rentang waktu lama dan stagnan, baik itu terjadi secara beberapa bulan maupun terjadi secara beberapa tahun. Pemerintah Indonesia meyakini bahwa pada tahun 2022 sanggup bertahan dan aman daripada resesi. Meski demikian, di tahun berikutnya yakni 2023, pemerintah harus waspada terhadap resesi ekonomi global. 
Resesi Ekonomi 2023, Siapkah Indonesia?
Resesi Ekonomi Global, Sudah Siapkah Indonesia?


Tantangan Resesi Ekonomi Global Bagi Indonesia

Indonesia memiliki sebuah tantangan besar di tengah ekonomi global. Indonesia harus mampu untuk memberi kepastian terhadap kemampuan konsusmsi tetap secara maksimal. Resesi ekonomi dapat menimbulkan penurunan terhadap laba perusahaan, dapat menimbulkan peningkatan terhadap jumlah pengangguran serta kebangkrutan ekonomi secara besar-besaran.

Dari data BPS tahun 2022 menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia tumbuh tinggi di tengah resiko adanya pelemahan ekonomi global serta adanya tekanan inflasi yang kian bertambah. Meski demikian, kepala BKF (Badan Kebijakan Fiskal), Febrio Kacaribu menyebutkan bahwa target pertumbuhan ekonomi dalam undang-undang anggaran pendapatan dan belanja negara 2023 yang disepakati senilai 5,3 % menjadi suatu refleksi tingkat kemungkinan bahwa Indonesia akan ikut mengalami dampak resesi tahun 2023. Selain itu Febrio Kacaribu juga menyebutkan bahwa pemerintah akan senantiasa berhati-hati terhadap ketidaktentuan ekonomi global pada tahun berikutnya. Dengan demikian pemerintah dapat secara langsung mengantisipasi efek negatif yang terjadi dari ketidaktentuan tersebut.

Ketidaktentuan yang diprediksi akan dialami oleh Indonesia pada tahun berikutnya yakni bersumber dari adanya tingkat naik kurs rupiah terhadap dollar AS yang mengalami depresiasi. Selain itu, tingkat inflasi yang semakin melonjak. Tak terhenti sampai di situ, harga komoditas yang semakin tinggi serta volatile. Untuk itu diperlukan adanya gambaran dalam rangka melalui berbagai ancaman yang bisa jadi terjadi akibat resesi ekonomi global.

Baca juga :
Sudah semestinya pemerintah tidak sekedar memanjakan rakyat melalui program bantuan semata dalam menghadapi ekonomi global ini. Terlebih bantuan yang diberikan sering kali tidak tepat sasaran. Sesekali perlu dilakukan monitoring kepada dinas sosial dan juga langsung mengecek di lapangan terkait berbagai penyalahgunaan yang terjadi di masa-masa resesi ekonomi global. 

Dengan demikian, jika ada oknum yang bertindak di luar SOP yang ada, bisa segera ditindak lanjuti dan masyarakat Indonesia dari golongan bawah sekalipun dapat mampu bertahan di era resesi ekonomi global.





Informasi Pembelian
Resesi Ekonomi 2023, Siapkah Indonesia?
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Resesi Ekonomi 2023, Siapkah Indonesia?
Resesi Ekonomi 2023, Siapkah Indonesia?

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.