Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Secara Profesional

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Secara Profesional

Cara membuat daftar riwayat hidup secara profesional dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Daftar riwayat hidup yang baik dan benar sangat membantu Anda untuk memenuhi ekspektasi panitia penguji tempat Anda hendak bekerja. Daftar riwayat hidup dibutuhkan ketika Anda hendak mendaftar kerja di sebuah perusahaan. Cara membuat daftar riwayat hidup secara profesional yang akan kami sajikan ini sangat cocok untuk Anda pahami dan pelajari.

Lantas bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup secara profesional? Mari simak artikel ini sampai habis ya.

Cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar

1. Identitas diri

Identitas diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon atau nomor handphone dan alamat email harus kamu cantumkan dalam daftar riwayat hidup kamu.

2. Pendidikan

Cara membuat daftar riwayat hidup yang kedua ialah menuliskan pendidikan.

3. Pengalaman

Setelah Anda menuliskan identitas diri dan riwayat pendidikan Anda, silahkan Anda tulis pengalaman Anda.

Anda bisa menuliskan pengalaman organisasi Anda, maupun pengalaman Anda bekerja.

4. Keahlian

Jangan lupa untuk mencantumkan keahlian yang Anda kuasai. Dengan mencantumkan keahlian yang benar-benar Anda kuasai, tentu akan memberikan nilai positif tersendiri kepada orang yang hendak melihat isi daftar riwayat hidup Anda. Dan hal ini menjadikan daftar riwayat Anda lebih profesional lagi.

5. Minat

Setelah Anda mencantumkan beberapa point yang telah kami sebutkan, silahkan Anda cantumkan juga minat Anda. Minat Anda akan menjadi pihak panitia semakin paham akan karakter Anda dan seberapa tekun dan komitmennya Anda ingin mendapatkan pekerjaaan yang Anda minati.

6. Referensi

Referensi di sini bisa Anda cantumkan, bisa juga tidak. Maksud dari referensi di sini yakni mencantumkan informasi detail lainnya yang bisa menjadi rujukan pihak panitia yang hendak mengetahui Anda lebih lanjut melalui riwayat hidup yang Anda buat. Tentu hal ini lebih terlihat profesional manakala Anda mencantumkan daftar riwayat hidup Anda lebih lengkap lagi, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan yang banyak dari pihak panitia.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Profesional

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Profesional

Alasan Kenapa Daftar Riwayat Hidup Menjadi Sangat Penting

Dalam curriculum vitae, kamu tentu menuliskan data dirimu dan juga prestasi serta pengalaman apa saja yang sudah kamu kerjakan. Namun jangan sampai kamu terlalu bertele-tele menuliskannya. Tulislah semua itu dengan singkat namun padat dan juga jelas.

Dengan daftar riwayat hidup, pihak panitia seleksi akan tahu seluk-beluk orang yang mau melamar secara garis besar.

CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup secara umum memuat informasi yang menonjolkan identitas kamu untuk lebih dikenal oleh perusahaan. Sehingga, hal ini juga penting bagi perusahaan untuk menemukan kecocokan kamu untuk memenuhi lowongan yang ditawarkan.

Sekian penjelasan terkait cara membuat daftar riwayat hidup secara profesional. Semoga dapat menjadi referensi bagi siapapun yang ingin membuat daftar riwayat hidup secara profesional. Nantikan artikel kami berikutnya ya seputar khazanah Islam serta beberapa kategori lainnya yang akan kami bagikan melalui Jejak Mufassir.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Secara Profesional
Baca Juga: