Pengumuman! Pada tanggal 17 Juni s.d 19 Juni 2024, Jejak Mufassir akan libur operasional untuk menyambut Hari Raya Idul Adha.
Yuk follow Jejak Mufassir di platform Instagram untuk dapatkan update terbaru.

Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa

Masjid merupakan tempat terbaik bagi kita untuk mengisi agenda peribadahan kita. Masjid tidak dibangun sebatas untuk dilihat keindahannya saja.

Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa


Masjid merupakan tempat terbaik bagi kita untuk mengisi agenda peribadahan kita. Masjid tidak dibangun sebatas untuk dilihat keindahannya saja. Oleh karenanya jangan jadikan masjid sebagai bangunan megah biasa. 

Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa
Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa


Bolehkah Membuat Masjid yang Megah dan Indah, namun Sepi Jama'ah Sholat?

Bolehkah membuat masjid yang megah dan indah, namun hanya sekedar hiasan semata, karena realita zaman sekarang seperti itu, masjid megah namun yang sholat berjamaah hanya itu-itu saja (sangat sedikit)?

Jawab:
(٤٩) عن أنس رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (لا تقوم الساعة حتى يتباهى الناس في المساجد). أخرجه الخمسة إلا الترمذي

(Hadis)
Dari sayyiduna Anas Radhiyallahu'anhu berkata : bahwa Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam bersabda : (Tidak akan terjadi hari kiamat hingga orang-orang berbangga-bangga dengan (kemegahan bangunan) masjid. (HR. Imam Lima kecuali Imam Tirmidzi).

قال الشيخ عبد الله بن عبد الرحمن البسام في كتابه (توضيح أحكام من بلوغ المرام) : هذه الظاهرة من علامات الساعة، التي لا تقوم إلا على تغير الناس، ونقص دينهم، وضعف إيمانهم، حينما تكون أعمالهم ليست لله تعالى، وإنما للرياء، والسمعة، والتباهي، والتفاخر

Syeikh Abdullah bin Abdurrahman Al-bassam berkata didalam kitab beliau توضيح الأحكام
Ini merupakan  fenomena dari tanda-tanda hari kiamat, tidak didirkan melainkan merubah keadaan manusia, berkurangnya agama mereka, lemahnya iman mereka, ketika amal-amal mereka bukan lagi karena atas nama Allah, namun karena riya' (pujian semata), mengejar popularitas, berbangga-bangga, dan hanya sebuah kesombongan (bahwa masjid dia paling mewah dan bagus). 

Rujukan kitab :
- توضيح الأحكام من بلوغ المرام : ص ٩٨-٩٩, - ج٢، - ط مكتبة المصطفى بالقاهرة.

- رقم الحديث : ٢٠٨.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita, dan jangan jadikan masjid sebagai bangunan megah biasa, namun jadikanlah masjid sebagai tempat kita untuk fokus beribadah dan tempat untuk kita semakin mengingat Allah. Wallahu'alam bishshawab.





Informasi Pembelian
Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa
Jangan Jadikan Masjid Sebagai Bangunan Megah Biasa

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.