Sholat atau Makan Dulu, Ketika Sangat Lapar?

Sholat atau Makan Dulu, Ketika Sangat Lapar?

Sholat atau makan dulu, ketika sangat lapar? Ketika kita sangat lapar dan adzan sedang berkumandang, kita sering kebingungan untuk memilih yang mana yang harus diutamakan. Makan dulu atau sholat dulu? Bahkan ada yang bertanya-tanya dalam benaknya "makan dulu atau tidak? makan dulu atau tidak?". Sungguh perkara ini sudah lama dipertanyakan bahkan sejak zaman Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam.

Dalam artikel ini akan disajikan ilustrasi berupa beberapa pertanyaan disertai jawaban dengan berdasarkan rujukan yang ilmiah.

Sholat atau Makan Dulu, Ketika Sangat Lapar
Sholat atau Makan Dulu, Ketika Sangat Lapar 

Ketika Sangat Lapar, Harus Sholat Dulu Atau Makan Dulu?

Ketika sangat lapar, harus sholat dulu atau makan dulu? Pertanyaan yang cukup membingungkan bagi umat Islam ketika tidak pernah mempelajari ilmu fiqh atau tidak banyak menghafal hadits yang berkaitan dengan fiqh.

Ilustrasi yang kami berikan di sini yakni dalam keadaan sangat lapar, termasuklah ketika sedang lapar meski tidak terlalu lapar, intinya adalah lapar. Mari simak dialog berikut:

Ilustrasi Dialog:

- Kang Asmadi : Assalamualaikum Ustadz

- Ustadz Erwis : Wa'alaikumussalam kang

- Kang Asmadi : Izin bertanya, saya hidangkan makanan untuk keluarga saya namun tiba-tiba waktu sholat datang sedangkan keluarga saya sangat lapar, mana yang harus saya dahului sholat dulu atau makan dulu?

Jawaban:

 عن أنس رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (إذا قدم العشاء فبدءوا به قبل أن تصلوا المغرب)
 متفق عليه

(Hadis)
Dari Sayyiduna Anas Radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam bersabda : (Apabila makan malam dihidangkan kalian makanlah terlebih dahulu sebelum kalian melaksanakan sholat Maghrib). HR. Bukhori dan Muslim.

  قال الإمام الصنعاني : الحديث دال على إيجاب تقديم أكل العشاء إذا حضر على صلاة المغرب

Imam As-Son'ani berkata : Hadis itu menunjukan wajib mendahului makan malam apabila telah datang waktu sholat Maghrib.

 الجمهور حملوه على الندب
Jumhur ulama mengambil pendapat merupakan sunnah (Sunnah mendahului makan makanan yang sudah dihidangkan apabila waktu sholat telah tiba daripada mendahului sholat).

Faidah :
Faidah daripada anjuran para ulama untuk makan terlebih dahulu daripada sholat adalah agar sholat yang dilaksanakan khusyuk tanpa memikirkan makan yang dihidangkan.

Rujukan kitab:

سبل السلام شرح بلوغ المرام : ص٢٠٩ - ج١ - ط دار الحديث بالقاهرة


Dengan demikian mendahulukan makan dahulu merupakan jawaban yang lebih diutamakan dari pertanyaan sholat atau makan dulu, ketika sangat lapar?
Semoga bermanfaat.
Order Sekarang
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM