Hukum Menoleh Ketika Shalat

Hukum Menoleh Ketika Shalat

Hukum menoleh ketika shalat dapat diketahui dengan merujuk kepada hadits-hadits Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam.
Apa hukum menoleh dalam shalat? Hal ini menjadi pertanyaan yang cukup membingungkan bagi masyarakat awam yang belum pernah mendalami ilmu fiqh, ushul fiqh ataupun mendalam hadit-hadits Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam.

Menoleh ketika shalat merupakan bentuk pencurian ketika shalat. Mengapa bisa demikian? Mari simak artikel ini hingga akhir.

Hukum Menoleh Ketika Shalat
Hukum Menoleh Ketika Shalat

Komentar Ulama Mengenai Hukum Menoleh Ketika Shalat

Apa hukum menoleh ketika sedang mengerjakan sholat ? 
Jawab :

 (٤٥). عن عائشة رضي الله عنها قالت : (سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم وعن الالتفات في الصلاة؟ فقال : هو اختلاس يختلسه الشيطان من صلاة العبد). رواه البخاري 
(Hadis) Dari Sayyidatuna 'Aisyah Radhiyallahu'anha berkata : saya bertanya kepada Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam tentang (hukum) menoleh dalam sholat (ketika sedang sholat). Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam menjawab : menoleh merupakan copetan/pencurian yang dilakukan terhadap seorang hamba. 

 قال الإمام الطبي : سماه اختلاسا لأن المصلى يقبل على ربه تعالى ويترصد الشيطا فوات ذالك 
Imam At-Tibbi berkata : dinamakan iktilas (pencopetan dalam sholat) karena orang yang sholat ia menghadap Tuhannya (Allah Subhanahu wa ta'ala), dan syaiton menjebak yang telah lewat/berlalu (dari seorang hamba).

  قال الإمام الصنعاني : هو دليل على كراهة الالتفات في الصلاة وحمله الجمهور على ذالك 
Imam As-Son'ani berkata : itu merupakan dalil atas makruh hukumnya menoleh didalam (pelaksana) sholat, dan jumhur ulama berpendapat seperti itu. 

Catatan : Makruh hukumnya menoleh ketika mengerjakan sholat, sebab itu merupakan gangguan syaitan yang menyebabkan kita kehilangan khusuk didalam sholat yang kita kerjakan. 

Wallahu'alam bishshawab
Sekian artikel mengenai hukum menoleh ketika shalat.

Rujukan kitab : 

 سبل السلام شرح بلوغ المرام. ص٢١١ - ج١ - ط دار الحديث..
Order Sekarang
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM