Strategi Dakwah - Jejak Mufassir

Strategi Dakwah

Strategi Dakwah

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai strategi dakwah. Bagaimana urgensi strategi dakwah? Apakah penting kita menerapkan strategi dakwah? Bagaimana strategi dakwah masa depan? Kami akan jawab semua pertanyaan terkait strategi dakwah. Silahkan baca artikel ini hingga akhir.

Strategi Dakwah
Strategi Dakwah

A. Urgensi Strategi Dakwah

Usaha dakwah Islamiyah mencakup segi-segi yang sangat luas itu hanya dapat berlangsung dengan efektif dan efisien, apabila sebelumnya sudah dilakukan dengan tindakan-tindakan persiapan dan perencanaan secara mata oleh Rasulullah. (Amin, 2008: 68)

Dengan perencanaan, maka penyelenggaraan dakwah dapat berjalan secara lebih terarah dan teratur rapi. Hal ini dapat terjadi sebab dengan pemikiran secara masak mengenai hal-hal apa yang harus dilaksanakan dan bagaimana cara melakukannya dalam rangka menjalankan dakwah, maka dapatlah dipertimbangkan kegiatan apa yang harus dikemudiankan. Demikian maka perlu adanya urut-urutan atau jadwal kegiatan yang diatur sedemikian rupa, tahap yang mengarah pada sasaran dan tujuan yang telah ditentukan. (Amin, 2008: 68)

B. Strategi Dakwah Masa Depan

Adapun untuk menghadapi era dakwah ke depan ada tiga hal utama yang harus dilakukan. 
(Amin, 2009: 109)

Pertama, pembinaan kader harus dilakkan dengan baik, harus ditanamkan keimanan yang mendalam, pemahaman yang juga baik dan cermat tentang keislaman, lingkungan, konsep-konsep apa saja yang perlu diketahui dan sebagainya. (Amin, 2009: 109) 

Kedua, Pemerataan dakwah ke masyarakat dan penumbuhan basis-basis sosial. (Amin, 2009: 110) 

Ketiga, berjalannya proses pencetakan dan penyebaran opini umum, apa yang disebut siyarah ila al-amal al-Islami. (Amin, 2009: 110)

Dalam era globalisasi dan era informasi seperti sekarang ini, diperlukan penerapan dakwah yang dapat menjangkau dan mengimbangi kemajuan-kemajuan tersebut. Dengan demikian dakwah harus dikembangkan melalui berbagai strategi pendekatan. (Amin, 2009: 111)


Sumber Referensi

Amin, S. M. (2008). Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Penulis: Ahmad Yani

Strategi Dakwah
Strategi Dakwah

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Close