Strategi Dakwah


Strategi Dakwah
Oleh: Ahmad Yani
Sabtu, 2 Mei 2020



A.      Urgensi Strategi Dakwah
Usaha dakwah Islamiyah mencakup segi-segi yang sangat luas itu hanya dapat berlangsung dengan efektif dan efisien, apabila sebelumnya sudah dilakukan dengan tindakan-tindakan persiapan dan perencanaan secara mata oleh Rasulullah. (Amin, 2008: 68)
Dengan perencanaan, maka penyelenggaraan dakwah dapat berjalan secara lebih terarah dan teratur rapi. Hal ini dapat terjadi sebab dengan pemikiran secara masak mengenai hal-hal apa yang harus dilaksanakan dan bagaimana cara melakukannya dalam rangka menjalankan dakwah, maka dapatlah dipertimbangkan kegiatan apa yang harus dikemudiankan. Demikian maka perlu adanya urut-urutan atau jadwal kegiatan yang diatur sedemikian rupa, tahap yang mengarah pada sasaran dan tujuan yang telah ditentukan. (Amin, 2008: 68)
B.       Strategi Dakwah Masa Depan
Adapun untuk menghadapi era dakwah ke depan ada tiga hal utama yang harus dilakukan. (Amin, 2009: 109)
Pertama, pembinaan kader harus dilakkan dengan baik, harus ditanamkan keimanan yang mendalam, pemahaman yang juga baik dan cermat tentang keislaman, lingkungan, konsep-konsep apa saja yang perlu diketahui dan sebagainya. (Amin, 2009: 109) Kedua, Pemerataan dakwah ke masyarakat dan penumbuhan basis-basis sosial. (Amin, 2009: 110) Ketiga, berjalannya proses pencetakan dan penyebaran opini umum, apa yang disebut siyarah ila al-amal al-Islami. (Amin, 2009: 110)
Dalam era globalisasi dan era informasi seperti sekarang ini, diperlukan penerapan dakwah yang dapat menjangkau dan mengimbangi kemajuan-kemajuan tersebut. Dengan demikian dakwah harus dikembangkan melalui berbagai strategi pendekatan. (Amin, 2009: 111)


Sumber Referensi:
Amin, S. M. (2008). Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah.

Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Order Sekarang
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM