Manajemen dalam Dakwah

Manajemen dalam Dakwah

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai manajemen dalam dakwah. Apa definisi manajemen? Bagaimana urgensi manajemen dalam dakwah? Bagaimana fungsi manajemen dalam dakwah? Mari temukan jawabannya pada artikel ini.

Manajemen dalam Dakwah
Manajemen dalam Dakwah


A. Definisi Manajamen dalam Dakwah

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, kemudian menyusun rencana yang tepat, mengatur dan mengorganisir pelaksana dakwah dalam kesatuan-kesatuan tertentu, selanjutnya menggerakkan dan mengarahkannya pada sasaran-sasaran atau tujuan yang dikehendaki, begitu pula kemampuan untuk mengawasi atau mengendalikan tindakan-tindakan dakwah, dapatlah disebut ‘manajemen’. (Kadarsih & Zamroni, 2008: 80)

B. Urgensi Manajemen dalam Dakwah

Pada zaman keemasan Islam dahulu dipelopori perkembangannya oleh umat Islam, dan salah satu metode pengembangan ilmu pengetahuan itu adalah memulai “dakwah” baik dakwah bil lisan, dakwah bil kitabah, maupun dakwah bil hal. Alangkah baiknya para pemimpin dan mujahid-mujahid dakwah masa kini kembali menggelorakan semangat dakwah itu dengan menata dan mengatur secara profesional. 

Instansi-instansi dakwah yang merupakan tulang punggung sekaligus pilar penyanggah kekuatan Islam masa depan, harus terorganisir dan dimanajemen dengan baik. Sehingga urgensi manajemen dalam dakwah menjadi tak terelakkan, agar dakwah yang dilakukan secara individual dan kelompok baik melalui perkataan, tulisan, lembaga dan berbagai aktivitas sehari-hari menjadi efektif dan sesuai dengan tujuan dakwah Islam. (Hasibuan, 2016: 80)


C. Fungsi Manajemen Dakwah

Kegunaan dari manajamen dakwah tersebut dapat dilihat dari penerapan empat fungsi manajamen sebagai berikut.
1. Fungsi planning (perencanaan).
2. Fungsi organizing (pengorganisasian).
3. Fungsi actuating (penggerakan).
4. Fungsi controlling (pengawasan). (Hasibuan, 2016: 85-86)

Sumber Referensi

Hasibuan, H. A. (2016). Urgensi Manajemen Dakwah dalam Membentuk Da’i Profesional. Hikmah, 3(1), 79–93.
Kadarsih, R., & Zamroni, M. (2008). Urgensi Manajemen Strategis dalam Pengorganisasian Dakwah. Jurnal MD, 1(1), 77–106.

Penulis: Ahmad Yani





Informasi Pembelian
Manajemen dalam Dakwah
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Manajemen dalam Dakwah
Manajemen dalam Dakwah

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.