Media Dakwah

Media Dakwah

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai media dakwah. Apa itu media dakwah? Bagaimana contoh macam-macam media dakwah? Pertanyaan Anda seputar media dakwah akan terjawabkan melalui artikel ini.

Media Dakwah
Media Dakwah



Silahkan baca artikel ini hingga akhir. Jangan sampai ada bacaan yang terlewatkan ya. Semoga bermanfaat dan semoga dapat menjadi amal jariyah bagi penulis artikel.

A. Media dalam Dakwah

Dari dakwah orang per orang (one to one communication), dakwah Islam ini berlanjut pada kelompok kecil (small group) di antara para sahabat. Dan pada dekade berikutnya, ketika Islam telah disebarkan secara terbuka, komunikasi dakwah Rasulullah tiba kepada kelompok besar (large group communication). 

Komunikasi interpersonal itu masih bersifat komunikasi tatap muka. Setelah perkembangan pesat teknologi komunikasi telepon, radio, televisi, komunikasi satelit, alat cetak-komunikasi interpersonal itu berkembang pula dengan mempergunakan sarana-sarana komunikasi mutakhir tersebut. (Amin, 2008: 183)

Kata media, berasal dari bahasa Latin, median, yang merupakan bentuk jamak dari medium secara etimologi yang berarti alat perantara. (Amin, 2009: 113) Adapun yang dimaksud dengan media dakwah, adalah peralatan yang dipergunakan untuk menyampaikan materi dakwah kepada penerima dakwah. Pada zaman modern seperti sekarang ini, seperti telivisi, video, kaset rekaman, majalah, dan surat kabar. (Amin, 2009: 113)

B. Contoh Macam-macam Media Dakwah

Media dibagi menjadi dua, yaitu
1. Nonmedia Massa
a. Manusia; utusan, kurir, dan lain-lain.
b. Benda; telepon, surat, dan lain-lain.

2. Media Massa
a. Media massa manusia; pertemuan, rapat umum, seminar, sekolah, dan lain-lain.
b. Media massa benda; spanduk, buku, selebaran, poster, folder, dan lain-lain.
c. Media massa periodik -cetak dan elektronnik; visual, audio, dan audio visual. (Amin, 2009: 114)

Secara umum media-media benda yang dapat digunakan sebagai media dakwah dikelompokkan pada:
a. Media Visual
b. Media Audio
c. Media Audio Visual
d. Media Cetak (Amin, 2009: 116)

Sumber Referensi

Amin, S. M. (2008). Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Penulis: Ahmad Yani





Informasi Pembelian
Media Dakwah
Ongkos Kirim: Rp -
Total Pembayaran: Rp -
Potongan Harga: Rp -

Media Dakwah
Media Dakwah

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Metode Pembayaran :
Pesan via whatsapp Pesan via Email

Posting Komentar

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.